Sekilas Tentang Ekspor-Impor

A. Apa itu Ekspor-Impor ?
Ekspor-Impor adalah bagian integral dari bisnis internasional yang cukup luas. Bisnis internasional dapat meliputi berbagai aspek kegiatan ekonomi dan perdagangan antar negara di dunia. Secara terperinci ekspor-impor merupakan suatu kegiatan ekonomi masyarakat di negara-negara dalam bidang perdagangan. Ekspor-impor terjadi antar pengusaha-pengusaha yang bertempat tinggal di negara-negara yang berbeda-beda pula. Dalam era globalisasi saat ini persaingan dalam dunia perdagangan ekspor-impor perlu dibekali dengan mengikuti pelatihan di kursus-kursus ekspor-impor. Dalam usaha meningkatkan pertumbuhan perekonomian nasional maka perlu sekali mendorong peningkatan kegiatan ekspor-impor, karena eksportir dan importir Indonesia sangat sedikit sekali jumlahnya yaitu sekitar 20.000 pengusaha, dibandingkan dengan Singapore telah mencapai sekitar 1.500.000 Eksportir dan Importir dari jumlah penduduk +/- 4 juta jiwa. Ekspor-Impor adalah penggerak ekonomi Indonesia.

B. Apa Manfaat Ekspor-Impor ? 

Manfaat Ekspor
  1. Memperluas, mengembangkan pemasaran, meningkatkan penjualan dan pendapatan. 
  2. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional dan memberdayakan sumber-sumber ekonomi yang potensial di dalam negeri.
  3. Memperluas lapangan kerja dan menghasilkan devisa.
  4. Mendorong pengembangan IPTEK dan SDM serta SOSBUD bangsa.
Manfaat Impor
  1. Membantu penyediaan kebutuhan masyarakat dan pemerintah akan barang.
  2. Menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan perusahaan.
  3. Meningkatkan pendapatan masyarakat dan pemerintah serta meningkatkan pengembangan IPTEK. 
C. Jenjang Program Kursus Ekspor-Impor
  1. Tingkat Dasar Satu (Asisten Pelaksana Ekspor-Impor)
  2. Tingkat Dasar Dua (Pelaksana Ekspor-Impor)
  3. Tingkat Terampil Satu (Penata Ekspor-Impor)
  4. Tingkat Terampil Dua (Penyelia Ekspor-Impor)
  5. Tingkat Mahir (Ahli Ekspor-Impor) 
Program dan materi ajar disusun berdasarkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Kemenakertrans Kep. 247/Men/V/2007 dan Dirjen PAUDNI Kemendikbud No. 425/E/KK/2010 tentang LSK Ekspor-Impor. Materi pelajaran meliputi empat bidang pendidikan yaitu : Perdagangan, Kepabeanan, Pengangkutan dan Pembayaran.
 
D. Program Sertifikasi Ekspor-Impor
Program Sertifikasi Kompetensi Bidang Ekspor-Impor merupakan media bagi masyarakat dan dunia usaha untuk mendapatkan pengakuan secara Nasional melalui Lembaga Sertifikasi Kompetensi atas kualitas kompetensi di bidang Ekspor-Impor.

E. Prospek Peluang Kerja dan Peluang Usaha Ekspor-Impor
 
Prospek Peluang Kerja
Banyak peluang kerja bisnis Ekspor-Impor tercipta akibat globalisasi, yang meliputi berbagai aspek kegiatan ekonomi dan perdagangan antar negara di dunia, antara lain:
  1. Bekerja di perusahaan eksportir dan importir yang jumlahnya semakin bertambah.
  2. Bekerja pada perusahaan Forwarder (EMKL dan EMKU).
  3. Bekerja di pelabuhan-pelabuhan yang berada di Indonesia.
  4. Bekerja di perusahaan perbankan dan pelayaran.
  5. Wirausaha dibidang ekspor dan impor (menjadi eksportir atau importir)
Peluang Usaha
Indonesia mempunyai potensi yang sangat besar untuk mengembangkan kegiatan ekspor-impor karena memiliki banyak sekali asset bangsa, yang terwujud dalam bentuk kekayaan alam antara lain, dibidang pertambangan, kehutanan, pertanian, kelautan dan perikanan yang didukung oleh jumlah penduduk yang cukup banyak dan apabila dipadukan dengan usaha industri dan perdagangan maka Indonesia akan menjadi negara yang makmur dan maju melalui kegiatan Ekspor-Impor, yaitu menjadi eksportir dan importir serta membuka usaha forwarder.